Inilah sederet tarian khas Jepang, beserta sejarah dan maknanya

Inilah sederet tarian khas Jepang, beserta sejarah dan maknanya

Tidak bedanya dengan Indonesia, budaya Jepang juga memiliki tarian yang sarat akan nilai-nilai kiasan serta filosofi yang dalam. Berbeda tarian berarti berbeda makna, bahkan gerakan mikro tubuh seperti lirikan mata, kedipan, gerak jari semuanya memiliki makna tersendiri.

Jika kamu menggemari budaya pop jepang, mungkin tidak ada salahnya untuk mulai mendalami budaya seni tari jepang, sebagai pengayaan ilmu bahwa negeri matahari terbit ini juga sarat akan metafora.

Nah lalu tarian apa aja itu yang akan dibahas kali ini beserta makna dibelakangnya? Yuk kita cek artikel berikut ini.

1. Kabuki

https://www.israel.emb-japan.go.jp/images/

Kabuki dahulu merupakan sebuah dramatari, namun kini berkembang menjadi seni tari berbeda dengan tahun 1603 dimana dramatari ini baru dikenal. 

Mayoritas pelaku tari ini adalah kaum pria. Sebelum menari kabuki, para penari bakal diberi riasan yang mencolok dan mewah. Riasan itu konon menjadi faktor pembeda antara kabuki dengan tarian Jepang lainnya.

Lalu gerakan kabuki merupakan aktualisasi dan perlambangan dari kearifan hidup, serta kritik sosial dari manusia selaku mahluk hidup. Kabuki sendiri juga telah dinobatkan sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non-Bendawi Manusia oleh UNESCO.

2. Kasa Odori



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"